Jumat, 09 Maret 2012

Langkah Pertama Menuju Karir Sukses : Buatlah CV yang Menjual ! Terbaru : Lowongan Kerja 2013 - INFO LOWONGAN KERJA TERBARU 2013

info lowongan kerja terbaru 2013 2012/03/langkah-pertama-menuju-karir-sukses.html

CURRICULUM VITAE (CV) adalah salah satu persyaratan yang kamu perlukan ketika ingin melamar pekerjaan. Biasanya, dalam CV tercantum data dirimu, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, hingga keahlian yang kamu miliki.

Nah, bagaimana caranya membuat CV yang baik sekaligus menjual? Corporate Sales Manager sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang rekrutmen kerja online, Etika Santi menjelaskan, jika kamu adalah seorang fresh graduate dan belum memiliki pengalaman kerja, ada baiknya kamu menonjolkan kekuatan dan potensimu.

"Misalnya kita ingin melamar ke perusahaan komunikasi, kemampuan komunikasilah yang perlu kita tonjolkan dalam CV kita. Jika ada pengalaman magang dalam bidang komunikasi, bisa juga kita masukkan," kata Tika.

Tika menjabarkan, biodata pribadi memang data primer dalam sebuah CV. Tetapi, pihak perusahaan (headhunter) akan lebih fokus pada data pendukung seperti riwayat pendidikan dan pengalaman kerja atau magang.

"Mereka akan mencari kandidat paling sesuai. Jadi, pastikan kamu memasukkan kualifikasi spesifik yang diinginkan headhunter jika kamu memilikinya," imbuhnya.

CV yang baik tidaklah selalu yang komplit hingga berlembar-lembar. Menurut Tika, CV dua halaman cukup untuk kita yang masih fresh graduate.

Jika kita memang sudah berpengalaman kerja bertahun-tahun dan ingin mencoba peruntungan di perusahaan lain, kita bisa juga membuat CV sesuai kebutuhan. Ibaratnya pakaian tailor made, kita juga menyesuaikan isi CV sesuai kebutuhan kita dalam proses mencari kerja.

Ketika menerapkan prinsip 'tailor made' ini, pastikan kita mengetahui jenis pekerjaan yang akan kita lamar, status kontrak kerjanya, permintaan keahlian khusus, dan sebagainya.

"CV yang menjual menjual adalah yang menonjolkan kualitas yang dicari headhunter," Tika menandaskan.

Langkah Pertama Menuju Karir Sukses : Buatlah CV yang Menjual ! Terbaru : Lowongan Kerja 2013 - INFO LOWONGAN KERJA TERBARU 2013 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown