Jumat, 28 September 2012

Tips Mengirim Lamaran Melalui Email ke Perusahaan Idaman Anda Terbaru : Lowongan Kerja 2013 - INFO LOWONGAN KERJA TERBARU 2013


Tips Mengirim Lamaran Melalui Email ke Perusahaan Idaman Anda - Pada masa sekarang ini, kemajuan teknologi bukanlah hanya sebatas isapan jempol belaka. Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan waktu sekejap saja, misalnya untuk berkomunikasi antar kolega pada ruang dan waktu yang berbeda secara bersamaan. Demikian halnya juga dengan keuntungan yang dapat diperoleh dalam proses pelamaran kerja seseorang, di mana pastinya bakal lebih cepat dan efektif dengan bantuan teknologi. Bahkan, dengan fasilitas teknologi pun kita mampu untuk mengirimkan dokumen pelamaran kerja via email. Dan, apabila kita bandingkan metode tersebut dengan menggunakan pos surat, maka tentu jauh lebih cepat dan efisien jika menggunakan email.

Beruntungnya, pada masa kini mayoritas perusahaan, baik itu perusahaan asing maupun perusahaan nasional Indonesia yang mempersilakan pelamar kerja untuk mengalamatkan lamaran kerja lewat email. Tentu saja hal ini merupakan keuntungan dan pertimbangan bagi pihak perusahaan dan juga pelamar. Karena untuk perusahaan, dengan memanfaatkan email sebagai sarana komunikasi dengan calon karyawan maka bakal meminimalisir membludaknya surat lamaran dalam bentuk kertas yang mesti diterima atau diarsipkan. Di samping itu juga, akan mempermudah perusahaan untuk mengirimkan balasan surat lamaran berformat email tersebut kepada calon karyawan. Untuk sisi pelamar kerja, dokumen lamaran kerja mereka bakal lebih cepat diproses.
 
Apabila Anda adalah seorang pelamar kerja yang memanfaatkan cara pengiriman lamaran kerja lewat email seperti ini, silakan simak tips dari lowongankerjaterbaru102.blogspot.com, yakni tips mengenai cara menyusun serta mengirimkan surat lamaran Anda. Silakan cermati beberapa poin utama berikut ini :

Judul Email Anda?
Dalam mengirim dokumen pelamaran kerja via email, silakan tulis judul surat lamaran Anda dengan jelas dan singkat contohnya, “Melamar kerja untuk Purchasing Manager”. Jadi, pihak yang menerima email Anda dapat dengan cepat paham maksud dari email Anda. Namun terdapat juga perusahaan yang telah menentukan judul email yang bakal digunakan, contohnya “Marketing” atau sebatas kode “MKT”. Jikalau Anda mendapati persyaratan seperti itu, maka tentunya Anda diharapkan agar mengikuti ketentuan yang disyaratkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

Di mana Surat Lamaran Ditulis?
Hal ini sebenarnya telah menjadi ketentuan umum dalam hal pengiriman lamaran kerja melalui email, seperti halnya pada format surat tertulis yang menggunakan kertas berfungsi sebagai pembuka komunikasi, jadi inti/ isi daripada surat lamaran Anda silakan dibuat pada bagian body email/ di dalam email.
 
Serta Resume Anda di ..
Lebih baik agar resume Anda buat pada file tersendiri yakni sebagai lampiran email Anda dan hindari untuk menulis resume pada body email, sebab mungkin saja hal itu menjadikan pengiriman surat lamaran Anda via email menjadi tak enak dibaca.

Apa Saja Lampiran Email yang Disertakan?
Umumnya, perusahaan bakal menuliskan di pengumuman lowongan kerjanya mengenai jenis file yang diijinkan untuk Anda agar dokumen lamaran kerja bisa dialamatkan via email. Perusahaan seringkali memberi ketentuan jenis file .doc, pdf atau .txt, tapi apabila perusahaan tidak menyebutkan syarat jenis file yang boleh dikirim maka sebaiknya silakan Anda menggunakan file .doc. Ingat juga untuk mengusahakan agar ukuran file tidak melebihi 300 KB (termasuk foto), setelah itu cek terlebih dulu ukuran file sebelum dikirim, tentu akan lebih baik lagi apabila file yang dikirim di zip terlebih dahulu, karena hal tersebut akan mempengaruhi si penerima email, jika file yang dilampirkan kelewat besar biasanya si penerima email akan enggan untuk mengunduhnya.
 
Uji Coba Dahulu Proses Pengiriman Email
Sebelum melakukan pengiriman lamaran kerja lewat email alangkah baiknya Anda menguji coba dahulu proses pengiriman emailnya ke alamat email pribadi Anda yang lain, jangan langsung ke email perusahaan yang akan dituju, demi memastikan agar email beserta file lampirannya terkirim dengan baik, sehingga jika terdapat kesalahan, Anda masih berpeluang membetulkannya.

Tips Mengirim Lamaran Melalui Email ke Perusahaan Idaman Anda Terbaru : Lowongan Kerja 2013 - INFO LOWONGAN KERJA TERBARU 2013 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abu Qanun