Selasa, 25 September 2012

Tes Kompetensi Bidang CPNS 2012 Dilaksanakan pada 29 September 2012 Terbaru : Lowongan Kerja 2013 - INFO LOWONGAN KERJA TERBARU 2013

http://www.lowongankerjaterbaru102.blogspot.com/2012/09/tes-kompetensi-bidang-cpns-2012.html
Tes Kompetensi Bidang CPNS 2012 Dilaksanakan pada 29 September 2012

Informasi Pelaksanaan Tes Kompetensi Bidang (TKB) bagi CPNS periode 2012 merupakan syarat mutlak bagi calon PNS meskipun telah berpartisipasi dalam tes rekrutmen CPNS tanggal 8 September 2012, di mana pada waktu itu Tes penerimaan CPNS yang dimaksudkan hanya sebatas Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang menyelenggarakan tes ilmu pengetahuan serta kemampuan birokrasi pelamar.

Penyelenggaraan Uji Kompetensi Bidang untuk Calon Abdi Negara tersebut dimaksudkan guna menguji kapasitas CPNS terkait bidang kerjanya masing-masing dengan waktu yang tak ditentukan oleh Kementerian di mana nantikan bakal menentukan hasil daripada penerimaan CPNS tenaga khusus yang secara prosedural dikendalikan oleh masing-masing instansi.

Mengenai jadwal pelaksanaan Tes Kompetensi Bidang akan diumumkan oleh masing-masing Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) untuk wilayah provinsi dan untuk wilayah kabupaten/ kota akan diatur oleh gubernur.

Rencananya akan ada perbandingan antara hasil Tes Kompetensi Bidang dengan TKD yang ditetapkan Kemenpan & RB. Calon pelamar yang nantinya lulus pun ditentukan melalui urutan dari peringkat tertinggi TKB mengacu pada kuota formasi yang dicanangkan.

Bentuk daripada Tes Kompetensi Bidang untuk Calon PNS nantinya akan dibagi dalam beberapa kategori seperti tes tertulis dan praktek. Sebagai contohnya, pemilih jabatan di bidang Search and Rescue (SAR) dituntut wajib mempunyai kapasitas untuk berenang serta mendaki gunung. Lalu, untuk jabatan pranata komputer pun dituntut wajib bisa mengoperasikan serta membangun aplikasi komputer.

Penyusunan format soal CPNS Tes Kompentensi Bidang pun dikategorikan dalam berbagai format seperti bagi pelamar guru matematika, materi ujian pengetahuan substansi yang memiliki relevansi dengan pendidikan matematika dikomposisikan oleh instansi pembina jabatan fungsional guru, lalu untuk pelamar profesi dokter, materi ujian pengetahuan substansi yang memiliki relevansi pada bidang kedokteran. Sama halnya dengan untuk pelamar penyuluh pertanian, materi ujiannya dikomposisikan oleh pembina jabatan fungsional penyuluh pertanian. Sebagai tambahan, TKB bagi tenaga pengajar formatnya merupakan tes tertulis, dan pihak kementerian sekarang tengah mempersiapkan format soalnya.

Pelaksanaan penerimaan CPNS melalui Tes Kompetensi Bidang direncanakan pada tanggal 29 September 2012. Kementerian Pendidikan & Kebudayaan RI yang akan mendistribusikan format soal TKB guru pada seluruh instansi, di mana untuk tiap-tiap poin soal TKB untuk guru ini tidaklah sama bagi setiap kelompok karena mulai dari guru kelas, guru bidang mata pelajaran, sampai dengan guru SMK bakal mendapat jatah soal yang berbeda satu sama lain.

Informasi serta perkembangan berita lebih jauh mengenai kepastian hari pelaksanaan Tes Kompetensi Bidang tersebut dapat diakses oleh peserta yang sudah dinyatakan lulus dalam proses TKD melalui cpns.menpan.go.id atau dapat langsung via website instansi serta lembaga negara yang bersangkutan.

Tes Kompetensi Bidang CPNS 2012 Dilaksanakan pada 29 September 2012 Terbaru : Lowongan Kerja 2013 - INFO LOWONGAN KERJA TERBARU 2013 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown