Minggu, 19 Agustus 2012

Informasi Seleksi CPNS 2012 : Materi Soal & Jawaban Sudah Rampung, Rekrutmen Siap Berjalan Terbaru : Lowongan Kerja 2013 - INFO LOWONGAN KERJA TERBARU 2013

http://www.lowongankerjaterbaru102.blogspot.com/2012/08/informasi-seleksi-cpns-2012-materi-soal.html
Informasi Seleksi CPNS 2012 : Materi Soal & Jawaban Sudah Rampung, Rekrutmen Siap Berjalan

Pelaksanaan ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bakal berlangsung pada 8 September 2012 dan mendekati waktu ujian yang semakin dekat, ternyata konsorsium 10 PTN yang ditunjuk Pemerintah memastikan soal ujian beserta lembar jawabannya sudah rampung.

Ketua Konsorsium 10 PTN, Prof Pratikno, mengatakan : “Semua sudah komplit dalam bentuk master soal dan kunci jawaban. Lembar Jawaban Komputer (LJK) sudah selesai, termasuk SOP (Standard Operating Procedures) penyusunan dan pengolahan soal,”.

Konsorsium telah melakukan tugas-tugasnya. Antara lain menyusun materi, menyiapkan LJK, mengolah LJK, menyampaikan hasil LJK hingga menyusun SOP soal. Dia menuturkan, soal ujian tersebut mencakup kompetensi dasar yang terdiri dari tiga poin, seperti wawasan kebangsan, intelenjesi umum dan karakteristik kepribadian.

Akan tetapi, Pratikno yang juga selaku Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) itu mengakui masih harus membahas lebih lanjut masalah pengolahan soal. Menurut rencana, hasil ujian CPNS akan diolah di dua PTN, yakni Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). “Itu rencananya,” jelasnya.

Pelaksanaan ujian CPNS 2012
kali ini merupakan hal baru. Walaupun kesepuluh PTN telah berpengalaman dengan SNMPTN, ujian CPNS memiliki format yang berbeda. “Kalau SNPMTN kan semuanya integrated dari hulu ke hilir. Tapi kalau ujian CPNS, Konsorsium membuat soal, memindai LJK sampai mengoreksi,” bebernya.
 
Dengan alasan bersangkutan, pihaknya harus memaksimalkan pengawasan untuk ujian CPNS yang akan berlangsung 8 September mendatang. Dia menuturkan, ada beberapa pihak yang akan mengawasi ujian. Antara lain tim Panitia Seleksi, perwakilan Konsorsium, Ombudsman dan pihak kepolisian. “Di pusat nanti ada ICW (Indonesia Corruption Watch (ICW) yang juga mengawasi. Semoga ICW juga bisa turun ke daerah-daerah,” tambahnya.

Mengenai materi soal bakal dibuat dan dicetak sebaik mungkin. Sehingga saat didistribusikan ke daerah tidak terdapat kesalahan atau kasus soal yang cetakannya kurang jelas. Pasalnya, para pengawas yang terjun di lapangan, dilarang memberikan interpretasi atas materi soal. “Tidak ada ruang interpretasi atau pemecahan ulang soal oleh pengawas. Karena pengawas tidak berhak melakukan itu,” Pratikno menekankan.

Ramli Naibaho selaku Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN dan RB turut beropini bahwa ujian CPNS akan berlangsung di 198 titik di seluruh Indonesia. Menurut dia, setiap titik, idealnya diawasi oleh tiga orang pengawas. “Tapi kalau maksimal sesuai dengan jumlah peserta, ya harusnya lima orang pengawas. Mereka setidaknya minimal kerja lima hari,” imbuhnya.

Guna mengantisipasi soal yang "bocor", Ramli menjelaskan sejak proses soal digandakan oleh pihak instansi, soal tersebut dititipkan di kantor kepolisian di masing-masing daerah sebelum hari H. “Kita sudah ada komitmen dengan pihak kepolisian. Ini untuk menghindari resiko-resiko yang tidak diinginkan,” tegas Ramli.

Informasi Seleksi CPNS 2012 : Materi Soal & Jawaban Sudah Rampung, Rekrutmen Siap Berjalan Terbaru : Lowongan Kerja 2013 - INFO LOWONGAN KERJA TERBARU 2013 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown