Rabu, 27 Juni 2012

Kabupaten Kotawaringin Timur (Kalimantan Tengah) Siap Rekrut 1.763 Tenaga Pengajar Terbaru : Lowongan Kerja 2013 - INFO LOWONGAN KERJA TERBARU 2013

info lowongan kerja terbaru 2013 2012/06/kabupaten-kotawaringin-timur-kalimantan.html

Seperti dilansir dari Kepala Dinas Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Muhammad Yusuf yang mengatakan daerahnya masih membutuhkan 1.763 guru. Jumlah itu berdasarkan perhitungan perbandingan jumlah sekolah dan siswa di semua jenjang pendidikan dasar saat ini. Kekurangan guru yang umumnya terjadi di sekolah-sekolah di kawasan pedalaman itu sudah diusulkan ke pemerintah pusat, namun belum diketahui berapa kuota yang diberikan saat penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) mendatang.

Kita masih perlu banyak lagi guru, terutama untuk ditempatkan di kecamatan-kecamatan  luar kota, dan jumlahnya sudah kita ajukan dalam usulan formasi CPNS, dengan jenjang pendidikan minimal S1,” ujar Yusuf.

Sementara itu dari data yang dikumpulkan Disdikpora Kotim mengenai jumlah siswa dan guru serta banyaknya bangunan sekolah, mulai dari tingkat TK hingga SMA sederajat, memang bisa dihitung rasio jumlah guru masih sangat sedikit dengan jumlah siswa.

Hasil pendataan tahun 2012 ini, jumlah guru TK di Kotim 646 orang dengan jumlah siswa sebanyak 5.519 orang. Kemudian untuk guru Sekolah Dasar (SD) sederajat, jumlah guru sebanyak 3.420 orang, dan harus mengajar siswa sebanyak 66.680 orang, guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat ada sebanyak 1.119 orang dengan siswa yang dihadapi sebanyak  27.125 orang, dan untuk SMA sederajat hanya memiliki 837 orang guru dengan jumlah siswa sebanyak 14.138 orang.

Adapun jumlah sekolah di Kotim secara total, Disdikpora mencatat ada sebanyak 20 unit untuk SMA sederajat, 20 unit untuk SMK, 116 unit untyuk jumlah SMP sederajat, 369 untuk Sekolah Dasar sederajat dan 132 untuk jumlah bangunan TK

Diungkapkan Yusuf pula, selain terkendala masih kekurangan guru, berdasarkan jurusan atau latar belakang pendidikan yang diampu pun, masih banyak yang belum memenuhi kebutuhan. Tidak heran jika ada jurusan yang melampaui kebutuhan, namun tidak sedikit pula jurusan yang justru belum terpenuhi.

Di samping itu kendala selama ini tidak meratanya penyebaran guru, adalah selain minimnya infrastruktur juga dipengaruhi masih banyaknya guru yang belum sertifikasi, serta kurangnya sarana penunjang sekolah seperti laboraturium IPA, Multimedia, hingga perpustakaan. Selain itu masih banyak sekolah yang tidak memiliki jaringan listrik, telepon dan air,” pungkas Yusuf. (ref : JPNN)

Kabupaten Kotawaringin Timur (Kalimantan Tengah) Siap Rekrut 1.763 Tenaga Pengajar Terbaru : Lowongan Kerja 2013 - INFO LOWONGAN KERJA TERBARU 2013 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown