Kamis, 05 Juli 2012

Depnakertrans Buka Kesempatan bagi 1.300 Sarjana Fresh Graduate Jadi Tenaga Kerja Sarjana (TKS) Terbaru : Lowongan Kerja 2013 - INFO LOWONGAN KERJA TERBARU 2013

http://www.lowongankerjaterbaru102.blogspot.com/2012/07/depnakertrans-buka-kesempatan-bagi-1300.html

Telah dibuka kesempatan bagi 1.300 lulusan sarjana baru (fresh graduate) untuk menjadi Tenaga Kerja Sarjana (TKS) ke berbagai daerah, sebagaimana dilansir dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar.

Para fresh graduate ini akan mendampingi para pencari pekerja dan pembinaan usaha di daerah. Mereka akan mendapat honor sebagai kompensasi pekerjaannya.

Jumlah TKS ditempatkan pada setiap provinsi, bervariasi antara 20 sampai 60 orang dan setiap TKS wajib membina 1-2 kelompok yang beranggotakan 10 orang. Sasaran pendampingan diprioritaskan bagi para pencari kerja usia muda serta masyarakat di perkotaan dan pedesaan yang merupakan kantong TKI.

"Para sarjana itu bertugas untuk menggerakkan, melatih dan mendampingi masyarakat dan para pencari kerja dalam mencari dan menciptakan kesempatan kerja baru sehingga dapat mengurangi pengangguran dan kemiskinan di perkotaan dan pedesaan," kata Muhaimin yang biasa disapa Cak Imin.

Ia menambahkan sarjana pendamping ini bertujuan mendayagunakan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang dimilki para sarjana untuk melaksanakan program pemberdayaan yang langsung menyentuh masyarakat, kata Muhaimin.

Menurut Muhaimin merupakan lulusan perguruan tinggi yang belum memiliki pekerjaan tetap, namun berminat mengabdikan dirinya secara sukarela untuk membantu masyarakat. Mereka menjadi motivator, fasilitator, innovator, komunikator dan dinamisator bagi kelompok masyarakat yang didampinginya.

"Dalam melaksanakan tugasnya, para sarjana pendamping itu harus mampu mempersiapkan program-program yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat, peningkatan" kesejahteraan dan pengembangan usaha ekonomi produktif, padat karya, teknologi tepat guna dan kewirausahaan," kata Muhaimin. (ref : Detik)

Jenis-jenis pelatihan wirausaha yang dilakukan meliputi budidaya ayam, sapi dan kambing, usaha konveksi, menjahit dan border serta pengolahan hasil pangan dan pertanian. Selain itu ada juga pelatihan tata rias pengantin. tata boga, bengkel motor, sablon dan percetakan, pengelasan, konstruksi skala kecil, dll

Selama menjalankan tugasnya, para sarjana pendamping itu, berhak menerima tunjangan biaya hidup, menerima jaminan asuransi jaminan kesehatan selama penugasan dan menerima bantuan biaya operasional untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

Depnakertrans Buka Kesempatan bagi 1.300 Sarjana Fresh Graduate Jadi Tenaga Kerja Sarjana (TKS) Terbaru : Lowongan Kerja 2013 - INFO LOWONGAN KERJA TERBARU 2013 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown