Kamis, 12 April 2012

Awas! Kubikel Sempit di Ruang Kerja Kantor Dapat Turunkan Kreativitas Anda! Terbaru : Lowongan Kerja 2013 - INFO LOWONGAN KERJA TERBARU 2013

info lowongan kerja terbaru 2013 2012/04/hati-hati-kubikel-sempit-di-ruang-kerja.html

Apakah ide Anda tidak kunjung muncul juga meski sudah duduk berjam-jam di depan komputer kantor? Coba periksa ruangan kerja Anda!

Kubikel-kubikel di kantor dibuat sedemikian rupa untuk membuat karyawan bekerja lebih produktif karena mendukung konsentrasi kerja. Produktivitas bisa diraih salah satunya dengan pola pikir kreatif dan outside the box. Dan ternyata, luas kubikel sangat berpengaruh pada proses tersebut lho.

Penelitian yang dilakukan ilmuwan China dan Amerika terhadap beberapa pekerja menunjukkan bahwa luas ruangan kerja ternyata berpengaruh pada kreativitas pekerja. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science sebagaimana dilansir dalam mediaindonesia.com.

Tim peneliti menempatkan relawan dalam sebuah space yang dikelilingi kardus membentuk kubikel berukuran lima kaki kali lima kaki. Relawan diatur sedemikian rupa agar tidak merasa sesak. Sedangkan relawan lainnya ditempatkan di luar kardus.

Kemudian para relawan diuji kreativitasnya. Mereka diminta menempatkan kembali dua bagian tatakan gelas yang dipotong. Tes ini terkait dengan dua representasi fisik, yakni menempatkan kembali dua potongan atau menjadikan dua potongan menjadi satu. Hasilnya, relawan yang berada di luar kardus konsisten lebih kreatif dalam berpikir dan merepresentasikan tugas tersebut.

Seperti dilansir Daily Mail, Dr. Angela Leung dari Singapore Management University menuliskan kreativitas merupakan keterampilan yang sangat dicari. Kondisi seseorang saat bekerja berpengaruh pada kemampuannya menghasilkan ide-ide kreatif. “Jadi, menciptakan ruang kantor terbuka bisa membebaskan pikiran kita,” ujarnya.

Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa mereka yang bisa berjalan bebas lebih banyak memiliki ide orisinil dibanding mereka yang hanya berjalan lurus. Artinya, mereka yang bisa berjalan mondar mandir dengan santai di ruangan kerjanya dapat lebih mudah menemukan pemecahan masalah dibanding yang tidak.

Nah, sekarang kita tahu bahwa fokus pada kondisi tempat kerja sangat penting untuk meningkatkan kreativitas. Jika memang tidak bisa diperluas, paling tidak ciptakan suasana menyenangkan dengan aksesoris-aksesoris pembangkit semangat, seperti lukisan dan bunga segar di atas meja kerja.

Terima Kasih dan Semoga Sukses !


Hormat Kami,

Tim Kontributor LoKerNesia

Awas! Kubikel Sempit di Ruang Kerja Kantor Dapat Turunkan Kreativitas Anda! Terbaru : Lowongan Kerja 2013 - INFO LOWONGAN KERJA TERBARU 2013 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown